08 Sep 2021

GEJALA UMUM PENYAKIT JANTUNG

Penyakit jantung menjadi salah satu penyebab kematian terbesar di Indonesia yang dapat menyerang siapa saja tanpa mengenal usia. Gangguan jantung bisa bermacam-macam dengan penanganan yang berbeda-beda. dr. Ario Soeryo Kuncoro, Sp.JP (K), Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah dari Heartology Cardiovascular Center menjelaskan bahwa terdapat berbagai jenis penyakit jantung, di antaranya jantung koroner, aritmia, sampai penyakit jantung bawaan. Ada beberapa gejala penyakit jantung yang khas, tapi sebagian tidak menunjukkan tanda-tanda penyakit jantung dengan jelas.

“Gejala umum penyakit jantung itu ada yang mengalami sesak napas, mual dan muntah, berkeringat, pusing, nyeri pada salah satu lengan atau kedua lengan, nyeri dada dan leher. Adapun gejala lainnya seperti nyeri pada rahang, bahu dan punggung bagian atas, serta rasa tidak nyaman di perut,” jelas dr. Ario.  

Umumnya gejala-gejala tersebut muncul saat sedang beristirahat atau melakukan aktivitas fisik yang berat. Apabila gejala sering timbul, berulang dan tidak kunjung membaik meski telah beristirahat, maka sebaiknya segera periksakan diri ke dokter spesialis jantung. Heartology sebagai rumah sakit jantung yang memiliki Diagnostic Center sebagai salah satu dari 5 Center of Excellence dan mampu melakukan diagnostik penyakit secara akurat dan komprehensif.

Sumber : cnbcindonesia.com

KEMBALI KE HALAMAN BERITA