Alat Pacu Jantung: Pentingkah untuk Penderita Jantung?
December 18, 2023
Penyakit Jantung: Tanda dan Gejala Umum
December 19, 2023

AVO, ADO, dan ASO: Kenali Prosedurnya

Heartology Cardiovascular Hospital - Penyakit jantung adalah salah satu masalah kesehatan yang sering kali memerlukan intervensi medis yang tepat. Dalam beberapa kasus, prosedur medis seperti AVO (Atrial Ventricular Opening), ADO (Atrial Delivery Occlusion), dan ASO (Atrial Septal Occlusion) menjadi pilihan yang efektif.

Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi lebih dalam mengenai prosedur-prosedur ini dan bagaimana mereka membantu dalam penanganan masalah jantung.

Apa itu Prosedur Jantung?

Prosedur-prosedur seperti AVO, ADO, dan ASO merupakan serangkaian tindakan medis yang bertujuan untuk mengatasi masalah spesifik pada jantung. Ini melibatkan intervensi pada struktur jantung untuk memperbaiki kelainan atau kondisi yang dapat mengganggu fungsi normal jantung.

Perkembangan Prosedur AVO, ADO dan ASO

Sebelum tahun 1995, kelainan bawaan semacam ini seringkali membutuhkan operasi jantung terbuka untuk menutup lubang atau defek yang ada. Namun, pada tahun 1995, dr. Kurt Amplatz, seorang radiologis asal Austria, menemukan alat baru yang diberi nama Amplatzer.

Alat inovatif ini dirancang khusus untuk menutup defek pada jantung, pertama kali digunakan untuk menutup ASD (Amplatzer Septal Occluder/ASO). Dari sini, perkembangan alat Amplatzer juga mencakup penutupan sekat ventrikel (Amplatzer Ventricular Occluder/AVO) dan penutupan saluran antara pembuluh besar aorta dan pulmonal (Amplatzer Ductal Occluder/ADO).

AVO (Atrial Ventricular Opening)

AVO adalah prosedur yang bertujuan untuk membuka saluran antara atrium dan ventrikel yang mungkin terhalang atau terbatas. Dokter akan menggunakan teknik khusus untuk memperluas jalur komunikasi antara kedua ruang jantung ini, memungkinkan aliran darah yang lebih baik.

ADO (Atrial Delivery Occlusion)

Prosedur ADO, sebaliknya dari AVO, berfokus pada menutup atau menghalangi saluran yang tidak seharusnya terbuka antara bagian jantung tertentu. ADO membantu mengatur aliran darah dengan lebih baik, mencegah gangguan pada fungsi jantung yang dapat membahayakan kesehatan.

ASO (Atrial Septal Occlusion)

ASO merupakan suatu tindakan untuk menutup lubang di septum atau dinding antara atrium kiri dan kanan jantung. Lubang ini dapat menjadi penyebab aliran darah yang tidak normal dan mempengaruhi sirkulasi darah secara keseluruhan.

Keunggulan dan Risiko Prosedur Jantung

Setiap prosedur memiliki keunggulan dan risiko yang perlu dipertimbangkan. Meskipun prosedur-prosedur ini telah terbukti efektif dalam penanganan masalah jantung. Ada berupa risiko seperti infeksi, reaksi alergi terhadap bahan-bahan tertentu, atau komplikasi lain yang perlu diwaspadai.

Namun, berkat kemajuan teknologi dan penelitian medis, risiko ini telah diminimalkan seiring waktu. Dokter dan tim medis akan memberikan informasi lengkap kepada pasien mengenai prosedur yang akan dilakukan, termasuk risiko dan manfaat yang diharapkan.

Konsultasi dan Perawatan Bersama Heartology Cardiovascular Hospital

Jika Anda atau seseorang yang Anda kenal memerlukan konsultasi atau perawatan terkait masalah jantung, Heartology Cardiovascular Hospital siap membantu. Heartology merupakan pusat perawatan jantung terkemuka yang menyediakan layanan konsultasi dan perawatan terkini dalam bidang kardiologi.

Kunjungi website kami di Heartology Cardiovascular Hospital untuk informasi lebih lanjut atau hubungi kami langsung melalui informasi kontak yang tersedia. Kesehatan jantung Anda adalah prioritas bagi kami.

Peluang Baru Penanganan Jantung Bersama Heartology Cardiovascular Hospital

Prosedur-prosedur AVO, ADO, dan ASO telah membuka peluang baru dalam penanganan masalah jantung. Mereka menjadi langkah penting dalam upaya untuk meningkatkan kualitas hidup bagi individu dengan kondisi jantung yang kompleks.

Namun, keputusan untuk menjalani prosedur semacam ini haruslah dipertimbangkan dengan matang bersama tim medis yang berpengalaman. Jangan ragu untuk mencari bantuan medis dan berkonsultasi dengan spesialis jantung kami di Heartology Cardiovascular Hospital untuk mendapatkan perawatan yang tepat.

Kesehatan jantung yang baik adalah kunci untuk kehidupan yang berkualitas. Jangan menunda lagi, hubungi kami hari ini untuk langkah awal menuju perawatan jantung yang tepat! (RF)