Aorta dan Peripheral

Apa Itu Aorta? Ini Pengertian dan Fungsi

Apa itu Aorta? 

Aorta adalah arteri terbesar yang mengangkut darah dan oksigen dari jantung ke seluruh tubuh. Struktur aorta dimulai pada katup aorta yang memisahkan antara aorta dari ventrikel kiri jantung. Ventrikel kiri adalah ruang terakhir yang dilewati darah saat bergerak menuju jantung.

Tepat di atas katup aorta, terdapat dua cabang yang dikenal sebagai koroner utama kiri dan koroner utama kanan. Dua cabang aorta ini bertanggung jawab untuk mengangkut darah ke otot jantung. Dari katup aorta, aorta bergerak ke atas, meluas ke sekitar tulang rusuk kedua.

Bagian ini dikenal sebagai ascending aorta. Kemudian, aorta melengkung ke bawah dan ke kiri. Bagian ini di sebut lengkung aorta. Dari sini, aorta berjala ke bawah tubuh hingga ke bagian terakhir yang disebut aorta desendens.

Fungsi Aorta? 

Aorta sangat penting untuk tubuh manusia karena merupakan pembuluh darah utama yang memasok darah beroksigen ke seluruh jaringan dan organ tubuh agar tetap berfungsi dengan baik.  

Sehingga, apabila terdapat masalah pada aorta, seperti penyumbatan, anomali struktural, atau pecah, maka dapat membahayakan organ tubuh lainnya. Masalah pada aorta dapat dipicu oleh penyakit tekanan darah tinggi dan kolesterol yang tidak terkontrol.

Dengan demikian, beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan dan fungsi aorta seperti mengonsumsi makanan gizi seimbang, , lakukan aktivitas fisk, berhenti merokok, dan rutin periksa ke dokter untuk memantau tekanan darah dan kolesterol Anda.

 

Tim Dokter:

dr. Suko Adiarto, Sp.JP (K), Ph.D

dr. Dicky Aligheri Wartono, Sp.BTKV (K)

Jika Anda ingin melakukan konsultasi di  Heartology Cardiovascular Center, silahkan daftar disini

Alamat

Heartology Cardiovascular Center

Brawijaya Hospital Saharjo 8th Floor

Jl. Dr. Saharjo No 199, Tebet, Jakarta

KEMBALI KE HALAMAN AORTA DAN PERIPHERAL